Lumba-lumba yang Selalu Tersenyum


Lumba-lumba, apa yang terlintas di benak kalian tentang binatang ini ? Lucu, ramah , dan bersahabat pasti itu yang kalian pikirkan. Lumba-lumba merupakan jenis mamalia laut yang sangat cerdas.Meskipun badannya cukup besar, hewan ini sama sekali tidak menampakkan kesan mengerikan.Malah sebaliknya, dia menunjukkan diri sebagai makhluk yang jinak dan bersahabat. Mukanya selalu terlihat tersenyum ramah.

dolphin

lumba-lumba

Sebenarnya lumba-lumba mempunyai kemiripan dengan manusia yaitu terletak pada system pernafasannya. Sistem pernafasan lumba-lumba sama seperti manusia. Hewan ini juga bernafas dengan paru-paru. Bedanya, letak lubang hidungnya tidak di tengah-tengah wajahnya, melainkan di bagian atas kepalanya.
Selain itu, satu lagi kemiripan hewan ini terletak pada saat ia menyelam. Seperti manusia, sebelum menyelam lumba-lumba menghirup udara dan menahannya dalam paru-paru.Saat mereka muncul dari kedalaman air, beberapa meter sebelum mencapai permukaan, lumba-lumba akan menghembuskan udara dengan kuat melalui lubang udaranya.
Salah satu kelebihan lumba-lumba adalah gaya berenangnya yang cepat dan sangat santai. Bahkan, hewan ini juga mampu berlomba dengan kapal laut. Tidak dapat dipungkiri, bahwa lumba-lumba merupakan perenang yang sempurna. Kulitnya yang licin dan halus merupakan piranti pendukung baginya untuk berenang cepat dan sempurna.
Keistimewaannya itu juga membantunya pada saat meluncur dalam air. Keistimewaan lain yang membuat lumba-lumba berenang dengan cepat adalah hidungnya. Hidungnya yang cukup panjang sering disebut sebagai moncong.Moncong lumba-lumba bentuknya sangat pas untuk berenang cepat. Bahkan, menjadi inspirasi untuk menyempurnakan desain kapal. Dengan desain seperti itu, kapal laut bisa berlayar lebih cepat.

Did You Know ?

Lumba-lumba ternyata tidak mempunyai indra penciuman dan juga buta. Namun, kelebihannya terletak pada indra penciumannya. Lumba-lumba memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Hewan ini dapat mendengar suara yang jauhnya berkilo-kilometer. Meskipun demikian, lumba-lumba mampu dengan mudah mendeteksi arah dan mengetahui tempat mangsanya. Kelebihan pada pendengarannya itu dapat pula melindunginya dari ikan-ikan di laut yang berniat jahat padanya.

Sumber : majalah Al-Falah

Iklan

4 comments

  1. Hi, i think that i saw you visited my weblog thus i came to go back the want?
    .I’m trying to find things to improve my website!I guess its good enough to make use of a few of your concepts!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s